Anggrek

Meski tidak beraroma wangi namun banyak orang yang menyukai bunga anggrek karena keelokkan dan keindahannya yang memukau apalagi beberapa di antaranya memiliki penampakkan unik seperti di bawah ini. Yuk dilihat!

1. Anggrek Monyet

Monkey face orchid atau anggrek berwajah monyet, anggrek langka ini dikenal dengan nama Dracula Simia. Rupanya unik menawan. Bagian dalam dari bunga ini terlihat seperti wajah seekor monyet yang sedang menyeringai. Bunga anggrek ini memiliki wangi seperti buah jeruk. Tumbuh di daerah pegunungan Ekuador, Kolombia, dan Peru pada ketinggian 1.000 sampai 2.000 meter di atas permukaan laut.

2. Anggrek Lebah

Dikenal dengan bee orchid atau anggrek lebah (Ophrys apifera) karena bentuknya yang mirip lebah. Selain di liputi bulu-bulu yang mirip pada lebah asli, ternyata bunga ini juga menghasilkan zat kimia yang sama untuk memikat lebah jantan. Lebah jantan yang terpikat akan mendekat dan bersinggungan, kemudian serbuk sari yang menempel pada lebah jantan akan menyerbuki putik bunga itu. Anggrek unik ini banyak ditemukan di wilayah Eropa terutama Inggris, Irlandia dan Wales.

Admin: sebetulnya sih lebih mirip kumbang ketimbang lebah yaa..

3. Anggrek Bangau

Warnanya putih cantik mirip burung bangau sedang terbang. White Egret Orchid (Habenaria radiata) merupakan spesies anggrek tanah yang langka. Angrek ini merupakan endemik di wilayah bagian barat Henan China, Jepang dan Korea. Sayangnya, di alam liar populasinya kian terancam.

Admin: ini juga, lebih mirip merpati daripada bangau. Tapi tak apalah…

4. Anggrek Laba-laba

Bunga anggrek kelompok Caladenia ini memang mirip laba-laba. Makanya, dia terkenal dengan sebutan spider orchid. Caladenia berasal dari bahasa yunani, calos yang berarti cantik dan aden yang artinya kelenjar. Kadang disebut juga kelompok arachnorchis. Mereka banyak tumbuh di daerah Australia dan berbunga di musim semi.

5. Anggrek Bebek Terbang

Anggrek ini benar-benar persis seperti bebek kecil dengan kepala dan paruh yang terangkat tinggi ke atas dan sayap yang terbentang hendak terbang. Karena kemiripannya itulah ia dinamakan flying duck orchid (Celeana major). Sayangnya anggrek berjenis Caleana ini sulit dibudidayakan. Pasalnya akar bunga ini tersambung dengan vegetatif jamur yang hanya ditemukan di alam liar negara Australia bagian timur dan selatan.

6. Anggrek Pria Telanjang

Penampakkan anggrek Orchis Simia atau yang sering disebut juga anggrek monyet ini sungguh vulgar, terlihat seperti pria telanjang. Bunga anggrek yang terdiri dari paduan dua warna ungu dan putih ini kelopak atau mahkotanya ada yang membentuk tangan, kaki, kepala, dada dan perut serta ukurannya yang paling kecil yaitu penis. Anggrek dengan bau seperti kotoran manusia ini biasa mekar pada musim semi dan banyak ditemukan di dataran Eropa hingga mediterania.

Nah kawan, mana anggrek pilihan kamu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: