2

mun tak ada yang sebanding dengan ukuran galaksi. Jika Anda menyusutkan Matahari ke ukuran sel darah putih dan Galaksi Bima Sakti (Milky Way) dengan skala yang sama — maka galaksi kita berukuran setara dengan Amerika Serikat.

20. Itu karena Galaksi Bima Sakti sangatlah luas. Dan di tengah belantara luas itulah manusia hidup.

21. Namun hanya ini yang bisa disaksikan manusia. Semua bintang yang kita saksikan malam hari hanya seukuran lingkaran kuning itu.

22. Tapi, ukuran galaksi kita sangat kerdil jika dibandingkan yang lain. Ini perbandingan Galaksi Bima Sakti (Milky Way) dengan IC 1011, yang berjarak 350 juta tahun cahaya dari Bumi.

23. Marilah kita membuka pikiran. Ini hanyalah sebagian kecil gambar yang diambil Teleskop Hubble. Ada ribuan galaksi, yang masing-masing memiliki jutaan bintang. Masing-masing memiliki planet-planetnya sendiri.

24. Dan ini adalah gambar galaksi UDF 423. Yang berjarak 10 miliar tahun cahaya dari Bumi. Saat Anda melihat gambar ini, Anda melihat miliaran tahun ke masa lalu.

Sejumlah galaksi diperkirakan terbentuk hanya beberapa ratus juta trahun setelah Dentuman Besar (Big Bang). Lebih tua dari galaksi kita.

25. Dan camkan yang satu ini. Ini adalah gambar dari satu bagian kecil yang sangat, sangat kecil dari alam semesta. Bagai bagian tak penting di langit malam.

26. Cukup aman untuk mengasumsikan ada banyak lubang hitam (black hole) di luar sana. Berikut ini adalah ukuran sebuah black hole dibandingkan dengan ukuran Bumi. Mengerikan…

Dan, jika Anda merasa kecewa berat gara-gara laga sepakbola kesukaan Anda dibatalkan. Saat merasa dunia runtuh ketika gagal UN. Ingatlah…

Rumah kita ada di sini.

Ini Bumi jika dibandingkan dengan keseluruhan Tata Surya.

Ini Bumi jika dilihat dari posisi yang lebih jauh lagi

dan lebih jauh

dan lebih jauh lagi

lebih jauh lagi

Dan, seandainya alam semesta bisa diumpamakan seperti ini. Bumi sama sekali tak ada artinya.

Pertanyaannya, seberapa besar arti saya dan Anda? Lalu, kenapa kita sombong dan enggan untuk menyembah Sang Pencipta alam semesta ini? (Ein/Ado)

Credits: Elin Yunita Kristanti

Sumber: m.liputan6.com (dengan sedikit penyesuaian)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: